Home » » Cara Menalkin Orang Yang Sedang Sakaratul Maut

Cara Menalkin Orang Yang Sedang Sakaratul Maut

Posted by Tuk Pencari Cara on Saturday, January 10, 2015

Cara Menalkin Orang Yang Sedang Sakaratul Maut – Anda mungkin pernah menjumpai orang yang sedang sakaratul maut atau sekarat. Sakaratul Maut adalah keadaan dimana seseorang tengah menghadapi kematian. Disaat-saat tersebut malaikat maut tengah mencabut nyawa orang tersebut. Dalam ajaran agama islam ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang muslim ketika menghadapi orang yang sedang sakaratul maut ini. Salah satunya adalah dengan mentalkin.

Talkin adalah mendikte atau menuntun orang yang sedang sekarat tersebut untuk membaca bacaan-bacaan yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam. Hal ini penting untuk diketahui dan dilakukan karena merupakan bagian dari ibadah yang dapat mendatangkan pahala bagi yang melakukannya.  Berikut cara mentalkin yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shalallahu Alahi Wasalam.

Apabila menghadapi orang yang  sedang  sakaratul maut maka hendaknya ia melakukan:

# Talkin dengan Bacaan Syahadat

Menalkininya dengan syahadat, sesuai dengan sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam, “Talkinilah orang yang wafat diantara kalian dengan, ‘Laa ilaaha illallah’, maka ia akan masuk surga suatu masa kelak, kendatipun sebelum itu akan mengalami musibah yang mungkin menimpanya.” Dalam hadits lain Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam bersabda:

“Siapa saja yang wafat sedang ia meyakini bahwa ‘Tiada sesembahan yang haq selain Allah Shalallahu alaihi wasalam’ maka ia masuk surga.” (HR. Muslim)  

Menalkin yang dimaksud bukanlah melafalkan syahadat dan memperdengarkannya dihadapan orang yang akan meninggal, akan tetapi yang diperintahkan adalah membimbing   orang yang sedang sekarat untuk mengucapkannya.

Adapun membacakan surat Yasin dihadapan orang yang meninggal sambil menghadapkannya kearah kiblat, tidak ada  satupun hadits shohih yang dapat dijadikan hujjah.

# Berdoa dan Mengucapkan Kata-Kata yang Baik

Mendoakannya dan jangan mengucapkan dihadapannya kecuali kata-kata yang baik.  Berdasarkan hadits dari Ummu Salamah, bahwasannya  Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam bersabda:

“Apabila kalian mendatangi orang yang sakit atau orang yang hampir mati, maka hendaklah kalian mengucapkan perkataan yang baik-baik karena malaikat mengamini apa yang kalian ucapkan.” (HR. Muslim, Baihaqi dan lain-lain) 

Demikianlah pembahasan tentang cara mentalkin yang benar orang yang sedang menghadapi sakaratul maut sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shalallahu Alaihi wasalam. Semoga artikel ini bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}