Home » » Cara Mengatasi Wastafel Dapur yang Tersumbat

Cara Mengatasi Wastafel Dapur yang Tersumbat

Posted by Tuk Pencari Cara on Friday, January 9, 2015

Cara Mengatasi Wastafel Dapur yang Tersumbat
Cara Mengatasi Wastafel Dapur yang Tersumbat - Dapur adalah tempat dengan aktivitas yang padat dan penting dirumah Anda. Masak, mencuci piring kadang diselilingi sebagai ajang berkumpulnya ibu-ibu tetangga sebelah rumah. Sekedar tukar resep hingga membicarakan gosip terbaru. Intinya dapur terkadang bisa menjadi area yang multi fungsi bagi keluarga Anda.

Salah satu komponen didapur yang sangat menunjang fungsinya adalah wastafel. Wastafel ini biasa digunakan untuk mencuci piring. Karena keterkaitan fungsi ini yang menjadikan dapur dan wastafel satu bagian yang erat. Rasanya ada yang kurang bila dapur tak ada wastafelnya. Permasalahannya kadang semua tidak berjalan sebagaimana mestinya, adakalanya wastafel tersebut rusak. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah mampet. Bila hal ini menimpa Anda, tidak usah buru-buru memanggil tukang ledeng. Berikut ini ada langkah-langkah untuk mengatasi wastafel dapur yang tersumbat yang dapat Anda ikuti.

#Mengatasi Wastafel Tersumbat dengan Plunger

Tuang air panas hingga separuh wastafel. Gunakan plunger atau alat penyedot dari karet letakan pada lubang saluran. Bila wastafel Anda memiliki 2 bak maka tutup lubang saluran pada bak yang tidak tersumbat, hingga sedotannya nanti terfokus hanya pada bak yang tersumbat saja. Tekan dengan cepat kemudian tarik. Lepaskan terlebih dahulu plunger dari lubang saluran lalu periksa airnya telah mengalir ataukah belum. Sedot kembali sampai wastafel Anda benar-benar lepas dari penyumbatnya.

#Merngatasi Wastafel tersumbat dengan Cuka dan baking soda

Sebelum Anda memulai gunakan terlebih dahulu sarung tangan dari bahan karet. Kuras air yang masih berada di wastafel. Kemudian ambil baking soda sebanyak satu cangkir lalu masukan kedalam lubang saluran wastafel. Pastikan baking soda benar-benar masuk kedalam pipa saluran. Kemudian lanjutkan dengan memasukkan cuka kedalam lubang saluran. Setelah itu sumbat lubangnya dengan penyumbat karet. Biarkan selama 5 menit dan masukkan air hangat kedalamnya. Coba Anda perhatikan penyumbatnya. Bila masih ada maka coba masukan air mendidih sebanyak 4 gelas. Namun bila masih tidak berhasil Anda harus mengulangi proses tadi dari awal sekali lagi.

#Mengatasi Wastafel Tersumbat dengan Kabel Auger

Pada metode ini Anda diharuskan membuka kabinet di bagian bawah wastafel Anda. Sediakan ember tepat dibawah pipa agar air yang mengalir dapat tertampung. Lepaskan pipa trap yaitu pipa penyambung antara pipa yang keatas dan kebawah dengan menggunakan tangan, bila tidak bisa maka gunakan kunci inggris. Periksa pipa trap tersebut, bila ada kemungkinan penyumbatnya berada disana. Kalau memang Anda menemukannya di pipa trap tersebut maka bersihkan lalu pasang kembali. Test dengan air panas apakah air tersebut mengalir dengan lancar. Namun bila belum berhasil, maka Anda dapat melakukan metode berikutnya yakni dengan menggunakan kabel Auger.

Caranya lepas pipa yang menyambungkan pipa yang tertempel didinding dengan pipa trap. Lewat pipa kecil itu masukan kabel auger tarik sekitar setengah meter lalu kencangkan sekrupnya. Putar pegangan kabel searah jaru jam sambil dorong hingga semakin kedalam. Tarik kabel keluar, lalu pasang kembali pipa trap dengan pipa horizontal. Coba Anda periksa apakah air telah dapat mengalir dengan baik atau belum. Anda dapat mencobanya dengan mengalirkan air panas.

Demikianlah artikel tentang cara memperbaiki wastafel dapur yang mampet. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}