Home » » Cara Memelihara Kelinci

Cara Memelihara Kelinci

Posted by Tuk Pencari Cara on Sunday, January 18, 2015

Cara Memelihara Kelinci – Kelinci adalah binatang yang lucu. Tak heran bila banyak orang yang menyukainya. Terlebih lagi bagi anak-anak, banyak yang menginginkan memelihara kelinci di rumah. Untuk peliharaan kelinci yang cocok adalah kelinci hias, karena ada jenis lain yaitu kelinci pedaging yang biasanya diternak untuk dikonsumsi. Sebelum membeli kelinci hias ini Andapun harus memilih terlebih dahulu jenis kelinci mana yang akan dipelihara, karena kelinci hiaspun banyak macamnya. Meski sama-sama kelinci namun mereka memiliki ciri khas masing-masing. Baik dari ukuran tubuh, warna bulu, bentuk muka, dll. Perbedaan tiap jenis biasanya pula dibedakan dari mana asalnya. 

Ada beberapa jenis kelinci hias yang perlu Anda ketahui sebelum melangkah kepada bagaimana cara memelihara kelinci ini. Mereka adalah:

Kelinci ANGGORA (ANGORA), Kelinci LOP (ENGLISH LOP, HOLLAND LOP, dsb), Kelinci FLEMISH GIANT, Kelinci REX, Kelinci DUTCH (Kelinci BELANDA), Kelinci ENGLISH SPOT, Kelinci HIMALAYAN (Kelinci CINA/RUSIA), Kelinci LION (LIONHEAD), Kelinci SATIN, Kelinci ND (NETHERLAND DWARF), Kelinci NEW ZEALAND (WHITE, RED, BLACK, dsb), Kelinci HOTOT, Kelinci HARLEQUIN, Kelinci TAN, Kelinci POLISH, Kelinci HAVANA, Kelinci JERSEY WOOLY (Kelinci DWARF ANGORA), Kelinci AMERICAN SABLE , Kelinci CHINCHILLA (AMERICAN CHINCHILLA).

Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan dan menjadi perhatian penuh baik sebelum maupun disaat memelihara kelinci, adalah:

# KANDANG KELINCI

Samahalnya dengan manusia kandang ibarat rumah bagi kelinci. Kenyamanan merupakan hal yang mutlak terpenuhi sebagai syarat kelayakan sebuah tempat tinggal. Jika yang Anda pelihara hanya seekor atau dua ekor kelinci saja, tentunya tak perlu kandang yang besar yang Anda siapkan. Sediakan saja kandang kucing atau anjing, dan Anda tetap harus perhitungkan bila kelinci Anda bertambah banyak.
Adapun kandang yang baik adalah:
  • Gampang ketika dibersihkan.
  • Kandang berukuran cukup untuk kelinci tersebut bermain. Idealnya 60 cm x 60 cm x 45 cm atau lebih.
  • Kandang terdiri dari tempat makan, tidur, bermain dan buang air.
  • Kandang berada didekat atau didalam taman atau kebun. Lepaskan mereka dipagi hari dan biarkan bermain bebas. Kelinci-kelinci tersebut akan pulang sendiri kekandangnya dengan mudah.
kandang kelinci


#MAKANAN KELINCI

Kelinci adalah hewan vegetarian, artinya hanya sayuran atau tumbuh-tumbuhan yang jadi makanannya. Bila kelinci Anda biasa bebas di kebun  maka mereka dapat mencari makanan mereka sendiri. Lainhalnya bila kelinci tersebut berada didalam kandang terus maka Anda yang harus memberi mereka makanan. Kelinci sangat suka sayur-sayur hijau, wortel dan kol. Sebagai makanan tambahan berikan juga konsentrat pakan ayam, ini akan menambah gizi dan pertumbuhan mereka. Anda juga bisa mencampurnya dengan ampas tahu atau bisa juga bekatul. Umbi-umbian dan dedaunan kering juga bisa Anda berikan kepada kelinci peliharaan Anda.

makanan-kelinci


Kelinci tergolong hewan liar. Mereka lebih aktif dimalam hari, karenanya berikan porsi makan yang besar dimalam hari. Pagi dan sore Anda tetap harus menyediakan mereka makan, karena kelinci biasa makan dan tidur sesuka mereka. Biasakan pula untuk memberikan mereka makan dengan tangan Anda langsung, karena hal ini akan membuat kelinci peliharaan Anda menjadi jinak.

Demikian artikel tentang bagaimana memelihara kelinci hias yang baik. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}