Home » » Cara Membetulkan Toilet yang Mampet

Cara Membetulkan Toilet yang Mampet

Posted by Tuk Pencari Cara on Tuesday, January 6, 2015

Cara Membetulkan Toilet yang Mampet
Cara membetulkan toilet yang Mampet -  Toilet seringkali menimbulkan masalah yang sangat tidak menyenangkan bagi kita. Bayangkan ketika area yang vital dalam rumah kita tersebut sedang tidak bisa digunakan, sementara kebutuhannya sangat mendesak. Belum lagi bila ada tamu yang terpaksa harus kebelakang, betapa malunya kita dengan kenyataan yang demikian.

Langkah yang paling umum ketika toilet Anda mampet atau salurannya tersumbat adalah menghubungi tukang pipa atau penyedot WC. Tentu kita harus membayar mereka bukan? Belum lagi bila toilet ini darurat untuk digunakan. Sebenarnya ada cara mudah dan praktis untuk mengatasi ini semua. Anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus memanggil tukang. Silahkan Anda ikuti beberapa metode untuk mengatasi toilet yang tersumbat berikut ini.

# Yang harus Anda perhatikan sebelum memulai

Jangan disiram terus menerus. Bahkan cukup sekali saja Anda menyiram. Karena semakin banyak Anda menyiram maka akan semakin banyak air yang harus dipompa. Pada kasus toilet mampet guyuran air yang kedua kalinya yang dapat  berakibat meluapnya air dari dalam kloset.

Lindungi diri Anda dari kuman dengan menggunakan sarung tangan karet. Anda tentu paham bila toilet adalah tempat yang kotor sebagus apapun kamar mandi yang Anda miliki. Dengan sarung tangan tersebut Anda dapat mengeluarkan benda yang menjadi penyebab tersumbatnya toilet, bila memang hal tersebut sudah diketahui dan jika memungkinkan.

Toilet yang tersumbat dapat meluap, itu yang terburuk. Oleh karenanya Anda harus mengantisipasi agar lantai kamar mandi terlindungi. Letakkan koran dilantai, atau bisa juga tisu. Intinya apapun yang dapat menyerap cairan dan mempercepat pembersihan bila ada cairan yang jatuh ke lantai. 

Jangan lupa mematikan supali air yang ke toilet terlebih dahulu. Ini  agar kamar mandi Anda tidak kebanjiran nantinya. Pastikan sirkulasi udara berjalan baik. Buka ventilasi atau jendela, agar bau busuk dari toilet  dan uap beracun dari bahan kimia yang digunakan  bisa diminimalkan.

#Metode dengan menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Pada metode ini Anda cukup menggunakan sedikit sabun cuci piring yang kemudian Anda semprotkan kedalam toilet. Biarkan beberapa saat hingga penyumbatnya lunak dan longgar hingga akhirnya luruh. Setelah itu tuang setengah ember air panas atau cukup satu panci. Panasnya air tersebut tidak usah sampai mendidih, lebih hangat sedikit dari air teh yang biasa Anda minum. Siramkan setinggi pinggang Anda agar dorongan air tersebut cukup berat dan mampu mendorong penyumbatnya. Bila metode ini belum berhasil maka Anda bisa beralih kemetode penyedotan.

#Metode Penyedotan

Bila Anda yakin bahwa yang menjadi penyumbatnya adalah benda yang keras misalnya adalah mainan anak-anak maka lewati saja metode ini dan beralih ke metode berikutnya. Pada metode ini disarankan agar Anda menggunakan penyedot (plunger) yang terbuat dari karet besar yang memiliki daya sedot kuat. Gunakan yang berbentuk bulat atau yang bersayap dibagian bawahnya. Agar penyedot ini lunak maka siram terlebih dahulu dengan air panas sebelum memakainya.  Penyedot yang berbentuk cangkir hisap kecil tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan. Anda bisa menggunakan kain untuk membungkus sekeliling penyedot karet ini . Intinya penyedot yang gunakan haruslah bisa membuat air dari toilet tidak menyembur kembali ke dalam mangkuk toilet ketika Anda mendorong ke bawah.

Mulailah dengan menekan kuat-kuat penyedot yang sudah Anda masukkan kedalam mangkuk toilet. Posisikan lubang toilet tertutup tanpa celah dan penyedot terenda dalam air. Lakukan secara perlahan-lahan. Jangan memompa dengan udara, namun pompalah dengan air. Pompalah terus dengan mengisi air kedalam mangkuk toilet. Dorong kedalam tanpa membuatnya macet. Bila belum juga berhasil, maka ulangilah beberapa kali metode ini.

#Metode dengan menggunakan Hanger kawat

Kadangkala metode penyedotan tidak berhasil dalam membuka sumbatannya. Maka cobalah metode berikutnya dengan menggunakan sebuah hanger (gantungan baju) yang terbuat dari kawat. Bila penyumbatnya berada hanya beberapa inchi dari pipa maka biasanya cara ini berhasil dilakukan.

Pertama, urai jalinan hanger Anda, ujungnya yang dibagian atas dipuntir hingga putus. Lalu bungkus salah ujungnya dengan kain. Ujungnya yang telah dibungkus dimasukan kedalam lubang toilet, lalu putar sambil didorong. Gerakan dengan cara melingkari saluran, maka penyumbat dapat dibersihkan.

#Metode dengan menggunakan Bor Kloset

Benda ini berbentuk kumparan dari kawat yang bisa berputar. Bor kloset ini dibuat secara khusus untuk mengatasi toilet yang mampet tanpa mengakibatkan kerusakan pada mangkuk toilet.  Mulailah dengan memasukan ujung bor kedalam lubang saluran lalu tekan. Sumbatan harus bisa dicapai oleh ujung bor ketika Anda mendorongnya. Lakukan hingga airnya mengalir.

#Metode dengan menggunakan Vakum

Bila metode penyedotan dan menggunakan bor kloset masih belum berhasil maka saatnya Anda menggunakan alat cakum basah/kering. Caranya kuras air dalam toilet dengan vakum hingga benar-benar kosong. Masukan selang kedalam lubang saluran yang sudah dilingkari dengan kain. Nyalakan vakum sambil tekan kainnya, ini dapat mengunci dengan baik dan penyumbat akan mudah tersedot.

#Metode dengan menggunakan Enzim

Metode ini tidak dapat berlangsung dengan cepat. Jadi Anda harus bersabar. Gunakanlah produk enzim yang biasa digunakan untuk mengurai sampah. Caranya? Mudah saja, Anda tinggal ikuti petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan.

#Metode dengan Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Baking soda dan cuka biasanya selalu tersedia di rumah. Metode kali ini menggunakan kedua bahan tersebut. Caranya tuang satu kotak baking soda disusul dengan satu botol cuka kedalam mangkuk toilet. Taklama kemudian akan keluar busa, maka hentikan sebentar. Kedua bahan ini dapat melarutkan penyumbat melalui proses kimia meskipun agak lambat. Masukan 3-4 liter air panas kedalam toilet untuk membantu mempercepat proses.

#Metode dengan bahan Kimia

Bila Anda telah menjalani seluruh metode diatas namun tidak ada yang berhasil, maka gunakanlah metode yang terakhir ini. Cobalah mengatasinya dengan bahan kimia pembersih pipa saluran yang memang secara khusus digunakan untuk toilet. Ikutilah petunjuk penggunaannya.
Demikian yang dapat kami share tentang cara mengatasi toilet mampet atau tersumbat. Semoga pembahasan ini bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}