Home » » Cara Mencegah Sakit Batu Ginjal

Cara Mencegah Sakit Batu Ginjal

Posted by Tuk Pencari Cara on Friday, January 23, 2015

Cara Mencegah Sakit Batu Ginjal
Cara Mencegah Sakit Batu Ginjal - Batu ginjal merupakan satu ancaman bagi jiwa manusia. Penyakit ini mudah menyerang siapa saja.  Apalagi mengingat pola hidup manusia di zaman sekarang yang cenderung membuka peluang bagi tumbuhnya penyakit ini dalam tubuh manusia itu sendiri.

Penyakit ini berupa batu yang berada pada saluran kemih yang berasal dari pengkristalan  kalsium yang menyatu dengan oksalat atau fosfor yang kemudian terus mengeras. Kondisi ini tentu sangat menyakitkan.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk pencegahan terbentuknya batu ginjal tersebut.

Berikut ini cara yang dapat ditempuh untuk mencegah penyakit batu ginjal.

#Minum banyak air
Banyak minum air sangat besar manfaatnya terutama untuk mencairkan zat-zat yang ada pada urine. Dengan begitu batu ginjal dapat dihambat pembentukannya. Minimal air yang harus kita konsumsi dalam sehari  adalah 8 gelas atau 2 liter air. Air jeruk juga baik untuk mencegah terjadinya kristalisasi.

#Konsumsi kalsium
Kalsium yang harus di konsumsi orang dewasa adalah sebanyak 800 mg/hari. Untuk usia diatas 50 kalsium yang dibutuhkan sebanyak 1000 mg/hari. Kalsium dapat Anda temukan pada susu, kedelai, sayuran hijau, jeruk dan tahu.

#Kurangi sodium
Makanan yang banyak mengandung garam harus dibatasi pengkonsumsiannya
Maksimal 2.300 mg/hari. Selain baik untuk ginjal Anda juga bagi tensi darah dan jantung Anda.

#Batasi protein hewani
Selain dapat meningkatkan asam urat makanan ini pula dapat menimbulkan batu ginjal, karena kadar sitrat pada urine menjadi berkurang.

Demikianlah beberapa cara  mencegah penyakit batu ginjal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}