Home » » Cara Membersihkan Monitor Komputer

Cara Membersihkan Monitor Komputer

Posted by Tuk Pencari Cara on Tuesday, January 6, 2015

Cara Membersihkan Monitor Komputer
Cara membersihkan monitor komputer – Monitor termasuk bagian yang terpenting dari komputer Anda. Sehingga dibutuhkan perawatan yang benar-benar ekstra. Anda tentu tidak menginginkan usia monitor komputer Anda berumur jagung hanya karena salah perawatan bukan? Kebersihan LCD merupakan  salah satu faktor penentu kenyaman Anda dalam menggunakan komputer. Namun bahwa banyak sekali kesalahan yang dilakukan seseorang tatkala membersihkan monitor.

LCD komputer terbuat dari bahan plastik yang sangat mudah terkena goresan. Bahan kimia, lap handuk dan lap penggosok lainnya sangat berisiko membuat goresan di layar monitor Anda. Jika demikian penting sekali metode pembersihan monitor komputer yang tidak mengakibatkan kerusakan sama sekali. Mau tahu bagaimana cara membersihkannya? Berikut langkah-langkah untuk membersihkan layar monitor LCD komputer Anda.

# Pembersihan Rutin

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan bahwa monitor sebaiknya dalam keadaan mati ketika Anda membersihkannya. Kenapa? Karena debu atau kotoran yang menempel akan mudah terlihat dalam keadaan mati. Layar justru akan rusak ketika monitor tersebut Anda bersihkan dalam keadaan menyala. Jangan lupa pula mencabut kabel atau melepas baterainya, jadi ketika  Anda membersihkan monitor sambungan listrik harus dalam keadaan mati.

Berikutnya gunakanlah kain microfiber untuk mengusap debu dan kotoran yang menempel pada permukaan monitor tersebut. Kain dengan jenis anti statis terbukti tidak menggores layar karena lembut dan tidak meninggalkan serat. Berbeda halnya bila Anda menggunakan kertas atau kain berbahan kaos, tentu akan banyak serat dan goresan yang ditimbulkan. Jangan sekali-kali Anda menggosoknya, Cukup diusap perlahan. Karena bila Anda menekannya terlalu keras maka  dapat menimbulkan perubahan warna pada layar monitor Anda.

Mulailah membersihkan bagian bingkai dengan menyemprotkan pembersih pada kain dan jangan disemprotkan secara langsung karena beresiko cairan mengenai layar. Seka kotak monitor yang terbuat dari plastik. Disini Anda boleh menggosoknya sedikit agar kotoran yang melekat cepat hilang. Bersihkan hingga kebagian bawah monitor. Jangan lewatkan celah-celah kecil, karena biasanya disanalah debu dan kotoran menumpuk.

#Menghilangkan Bintik dan Bekas Kotoran

Dengan menggunakan kain micro fiber yang telah disemprotkan dengan cairan pembersih usap bintik yang ada pada layar LCD Anda dengan lebut. Pastikan Anda melakukannya tidak dengan keras. Kain harus benar-benar basah, tekan dengan lembut agar kotorannya melunak. Gosok secara memutar hingga bintiknya benar-benar hilang. Seka kembali daerah tempat bintik yang telah hilang tadi dengan menggunakan bagian kain yang kering. Lakukan hingga layar tidak lagi basah.

Anda dapat pula menggunakan cuka sebagai pengganti fungsi cairan pembersih untuk membersihkan bintik pada layar tadi. Caranya ambil ¼ cangkir cuka kemudian larutkan bersama air secukupnya.  Lalu kain microfiber dicelupkan pada larutan cuka kemudian gosok perlahan hingga kering.

#Menghilangkan Goresan dilayar Komputer

Lihat kartu garansi Monitor komputer Anda. Anda masih bisa meminta ganti bila tergores. Karena bila Anda sudah berusaha memperbaiki sendiri maka kecil kemungkinan dapat mengakibatkan kerusakan yang sudah tidak ditanggung oleh garansi.

Gunakan alat untuk mereparasi goresan. Biasanya alat ini dijual di toko komputer. Lalu ikuti panduannya dalam menggunakannya. Bisa juga dengan menggunakan petroleum jelly. Oleskan sesuai dengan besar atau kecilnya goresan.

Cat kuku yang berwarna bening atau laquer juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi goresan pada monitor. Cat kuku ini dapat mencegah goresan bertambah besar. Caranya cukup gunakan brush kecil, oleskan pada goresan dan biarkan mengering. 

Demikianlah 3 metode dalam membersihkan layar monitor komputer Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}