Home » » Cara Membersihkan Ruang Tidur

Cara Membersihkan Ruang Tidur

Posted by Tuk Pencari Cara on Monday, January 5, 2015

cara membersihkan kamar tidur
cara merapikan ruangan tidur
Cara membersihkan kamar tidur – Kamar tidur adalah tempat yang paling pribadi bagi seseorang didalam rumah. Disana berbagai aktivitas keseharia,n banyak dilakukan. Bahkan seseorang menjadikannya sebagai tempat beristirahat. Melepas keletihan setelah seharian berkutat di luar rumah.  Hal inilah yang membuat kamar tidur menjadi bagian rumah yang paling mendapat perhatian khusus. Kenyamanan dan kebersihannya adalah hal yang mutlak untuk dipenuhi.

Namun apa jadinya bila Anda menemukan kamar tidur Anda dalam keadaan yang sangat kotor? Barang-barang berantakan, buku-buku berserakan, bungkus makanan bahkan sisa-sisa cemilan Anda semalam berceceran dipojok ruangan. Pusing bukan? Tak ada pilihan lain selain membersihkannya. Permasalahannya membersihkan kamar tidur seringkali menjadi pekerjaan yang menjemukan Agar aktivitas Anda dalam membersihkan kamar tidur tersebut menjadi menyenangkan, berikut kami hadirkan langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

#LANGKAH PERTAMA : CIPTAKAN SUASANA YANG MENYENANGKAN

Biarkan cahaya masuk kedalam ruangan. Bila kegiatan ini Anda lakukan siang hari, maka biarkan cahaya matahari masuk melalui jendela kamar yang telah Anda buka lebar-lebar gordyn dan tirainya. Dengan cahaya yang masuk maka Anda akan bersemangat dan berenergi. Bila Anda membersihkannya pada malam hari maka nyalakan saja lampu ruangan kamar Anda. Hal ini akan menghindari Anda dari rasa malas dan ngantuk
Buat daftar rak dan lemari yang perlu dibersihkan. Dengan demikian Anda dapat mengefisienkan waktu Anda. Pekerjaanpun dapat diselesaikan lebih cepat. Selanjutnya adalah dengan menentukan kapan Anda harus beristiharat. Waktu yang baik bagi Anda beristirahat, adalah ketika Anda telah menyelesaikan beberapa pekerjaan dan bukan tepat ditengah-tengah pekerjaan sedang berlangsung. Selesaikan terlebih dahulu pekerjaan Anda membersihkan kolong tempat tidur baru kemudian Anda istirahat, sebelum Anda melanjutkan membereskan barang-barang kecil lainnya.

Iming-imingi diri Anda sendiri dengan sesuatu yang menyenangkan apabila Anda telah menyelesaikan pekerjaan Anda. Dengan memberi imbalan pada diri sendiri hal ini dapat memompa motivasi Anda.

Buatlah sebuah permainan agar pekerjaan Anda menjadi menarik. Misalnya, Anda melakukan sebuah adegan seolah-olah sedang membersihkan ruangan, atau Anda memberikan tantangan pada diri Anda sendiri dengan memberi batasan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

 #LANGKAH KEDUA : MERAPIKAN TEMPAT TIDUR

Pindahkan barang-barang yang ada diatas tempat tidur Anda kesalah satu bagian di kamar Anda. Baliklah kasurnya, pasang seprai baru, rapikan selimut dan bantal. Letakkan seprai  yang kotor bersama tumpukan cucian. Setelah itu mulailah untuk meletakkan barang-barang di tempat yang seharusnya. Benda-benda yang berada dilantai bisa Anda simpan. Dimulai dari benda-benda yang besar kemudian dilanjutkan dengan benda-benda yang agak kecil.

Tatalah benda-benda dikamar dengan logis. Benda-benda yang sering Anda gunakan dapat Anda letakan di tempat yang mudah terjangkau, dan sebaliknya. Pakaian bersih yang berserakan harus segera Anda simpan. Anda bisa menyimpannya di lemari atau dengan menggantung. Pakaian dilipat yang rapi supaya tidak kusut. Keranjang baju kotor harus Anda persiapkan diluar ruangan. Begitupun peralatan makan dan benda-benda lainnya yang seharusnya tidak berada di ruangan itu harus segera Anda keluarkan.

#LANGKAH KETIGA:  KELUARKAN BARANG-BARANG YANG TERSEMBUNYI

Keluarkan barang-barang yang berada dibawah kolong tempat tidur. Kemudian bereskan segera.Kelompokan benda-benda tersebut menjadi 2 tumpukan, tumpukan benda yang masih dipakai dan tumpukan benda yang akan disingkirkan. Jika masih ada benda-benda yang berada diatas tempat tidur, maka mulailah untuk memisahkan sesuai dengan jenisnya. Lakukanlah  hal ini terhadap isi lemari pakaian Anda. Kosongkan, lalu susunlah kembali barang-barang yang tetap disimpan. Lipat pakaian-pakainan yang akan dimasukkan kedalam lemari.

Beralihkan ketumpukan pakaian yang lain setelah Anda merasa telah membereskan satu tumpukan. Kemudian buanglah benda yang tak terpakai lebih dahulu.

#LANGKAH KEEMPAT: MENGATUR BENDA-BENDA DIDALAM RUANGAN

Tata dengan rapi buku dan majalah yang berserakan di atas lantai. Letakkan di rak, dan Pastikan semua Anda dapat memberi label pada tiap rak dan/atau menyusun buku berdasarkan abjad. Sistem pengaturannya terserah Anda, yang penting terlihat rapi.

Setelah itu beralihlah pada benda-benda yang berada diatas meja. Letakkan desk organizer diatasnya.  Sortir dan bereskan juga dokumen-dokumen Anda, masukkan dalam map arsip. 
Rapikanlah apa-apa yang masih berantakan. Pikirkan apa yang masih harus Anda lakukan agar kamar menjadi nyaman. Buatlah daftar barang yang masih Anda perlukan.

#LANGKAH KELIMA: MEMBERSIHKAN SELURUH RUANGAN

Untuk membersihkan debu pada permukaan ruangan Anda bisa menggunakan kemoceng. Hal ini Anda lakukan sebelum Anda menggunakan penyedot debu. Anda bisa juga menggunakan tisu atau lap.  Setelah itu barulah Anda dapat menyedot debu dilantai. Bila lantai kamar Anda tidak berkarpet maka cukup menggunakan sapu baru kemudian dipel.

Bersihkan kaca jendela dan juga cemin dengan cairan pembersih dan lap berbahan mikrofiber agar noda-noda hilang.  Bersihkan pula bagian-bagian lain diruangan, seperti pegangan pintu, kipas angin dan lain-lain. Perhatikan apakah masih ada sarang laba-laba pada eternit ruangan. 

Pastikan semua barang yang tadi Anda keluarkan tersimpan kembali pada tempatnya. Biasakanlah merapikan tempat tidur setiap hari. Dengan membiasakan kamar selalu dalam keadaan bersih maka Anda tidak perlu sering-sering membersihkan kamar tidur. 

Demikianlah sharing kami tentang cara membersihkan ruangan tidur, semoga artikel ini bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}